Sabtu

Pada postingan terdahulu saya  pernah membahas tentang tools pada Photoshop, jika teman-teman lupa silahkan lihat lagi disini. Pada kesempatan ini saya ingin membahas salah satu fungsi  tools pada Photoshop yaitu Clone Stamp tool.

Clone stamp tool adalah salah satu tools pada Photoshop yang berguna dalam mengoreksi foto. Seperti namanya Clone stamp  tool yaitu alat stampel atau cap yang berfungsi untuk menambal gambar atau foto dengan mengambil contoh gambar pada area kerja. Sebagai contoh saya telah menyiapkan  foto wanita yang memiliki tahi lalat di atas bibirnya, kemudian saya akan menghilangkan tahi lalat di atas bibir wanita itu dengan menggunakan Clone stamp tool.

Langkah pertama kita siapkan file fotonya dan buka pada Photoshop.


Kemudian pilih Clone stamp tool yang terletak pada palet tools.


Lalu kita ambil contoh /sampel dari wilayah sekitar bibir yang akan digunakan untuk menambal tahi lalat, dengan cara menekan tombol Alt pada keyboard  dan klik mouse.


Dan yang terakhir tinggal klik diarea yang ingin kita tambal dalam hal ini tahi lalat, cobalah berekspresi dengan menggeser mouse untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan. Untuk memperbesar ukuran clone tekan tanda ] pada keyboard, dan untuk memperkecil tekan ]. Setelah selesai maka akan mendapatkan hasil akhir seperti gambar dibawah ini.


Mudahkan? Selamat mencoba.

1 komentar: